Friday, June 12, 2009

Kawah Ijen (May 14, 2009)

Kawah ijen terletak di Kabupaten Banyuwangi, ujung timur pulau Jawa
Merupakan salah satu obyek wisata pegunungan terkenal di Jawa Tmur. Suatu komplek perpaduan wisata pemandangan dan olah raga. Di tempat ini kita masih bisa berbicara dengan hutan-hutan alami. Suara-suara merdu kicau burung, bahkan ayam hutan juga masih bisa kita temui di sana. Sangat cocok untuk sejenak melarikan diri dari dunia nyata.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki kawah yang unik dan tentu saja masih aktif. Disebut unik, karena di kawah ini kita masih bisa menyaksikan penambangan belerang secara tradisional. Para penambang mengambil bongkahan belereang seberat minimal 80 kg dari dasar kawah menuju lereng (sekitar 5 km). Coba bayangkan…luar biasa bukan…?!

Untuk mencapai tempat ini, kita bisa lewat Banyuwangi atau Bondowoso. Jika boleh menyarankan sebaiknya lewat Banyuwangi saja, karena kondisi jalan di sini lebih manusiawi. Anda tidak perlu lagi berjalan puluhan kilo atau membawa perlengkapan berkemah., karena jalan aspal sudah tersedia sampai di lereng. Cukup bermodal mobil atau sepeda motor dan anda sudah bisa berdiri manis di depan loket masuk untuk membayar retribusi. Dari loket, kita mulai berjalan kaki sekitar 3 kilometer dan sampailah di Kawah Ijen yang terkenal itu.

2 comments:

dhenok said...

wah.. sayang belum pernah kesana :(

*padahal wong njember.. ;p

andung said...

nah ini dia contoh yang jangan ditiru...

tidak cinta daerah...
kekekek....
:P